Perbedaan Tipe Soal PK dan PM di UTBK (Studi Kasus 2024)

logo txtambis

@txtambis

Perbedaan tipe soal PK dan PM UTBK

Dalam tes UTBK, ada subtes PK dan PM dan keduanya mengujikan soal-soal matematika. Berikut perbedaan tipe soal PK dan PM di UTBK yang sebaiknya kalian ketahui dan nanti bahasan kita ini berdasarkan soal-soal yang keluar di tahun 2024 ya.

Jadi, meskipun sama-sama membutuhkan kemampuan matematika, keduanya memiliki perbedaan dalam tingkat analisis dan perhitungan. Subtes PM membutuhkan analisis dalam memahami soal daripada hitungan dan biasanya dikemas dalam soal cerita. Sedangkan PK lebih ke perhitungan dan menyelesaikan soal dengan rumus-rumus matematika dasar.

Perbedaan PK dan PM di UTBK

Untuk lebih detail, akan aku coba urai sedikit ya.

  1. Soal di PK itu lebih fokus pada hasil yang dikerjakan dengan rumus. Misalnya seperti fungsi, persamaan kuadrat, teori bilangan dan masih banyak lagi.
  2. Soal di PK itu fokus ke kecepatan mengerjakan dengan jawaban yang benar. Biasanya satu bacaan hanya untuk 1-2 soal saja.
  3. Soal di PM fokus ke analisis dan memahami bacaan. Bahkan, ada soal yang diminta untuk memodelkan bentuk aljabarnya saja, tidak sampai menghitungnya.
  4. Soal di PM bisa lebih panjang. Bahkan, ada satu bacaan yang digunakan untuk menjawab 2-3 soal. Jadi, sangat penting untuk menalar di PM.

Contoh Soal PK UTBK 2024

Berikut beberapa contoh soal PK yang keluar di UTBK 2024, yang fokusnya adalah menyelesaikan soal dengan cepat dan memakai rumus-rumus & pemahaman matematika dasar.

Soal mengitung panjang dari titik di kartesius
Soal mengitung panjang dari titik di kartesius

Kaidah pencacahan
Kaidah pencacahan

Contoh Soal PM UTBK 2024

Soal tarif fotocopy
Soal tarif fotocopy
Soal bunga dan pinjaman
Soal bunga dan pinjaman

Nah, jadi sudah paham ya perbedaan tipe soal PK dan PM di UTBK. Saranku, fokus dulu soal-soal PK dahulu. Jika sudah, baru deh belajar bernalar dengan PM pasti lebih mudah kok.

Mau latihan soal PK dan PM untuk belajar persiapan UTBK? Ada gratis nih, untuk link spreadsheet bisa kalian dapatkan disini ya. Baca selengkapnya: Thread materi dan soal PK UTBK 2024

Latihan soal utbk pk dan pm

BACA ARTIKEL LAIN

Bagikan ini ke teman-temanmu ya. Biar jadi sedekah jariahmu.

Kembali ke beranda

Post Views: 431